Buat blogmu dan dapatkan penghasilan sekarang juga!

Space

Viral Video Meteor Jatuh di Probolinggo, Ini Fakta Sebenarnya!

Viral Video Meteor Jatuh di Probolinggo, Ini Fakta Sebenarnya! 1

Sebuah video yang disebut baru saja terjadi di Probolinggo, Jawa Timur, memperlihatkan sebuah benda diduga meteor melintas di atas permukiman warga. Sampai saat ini video yang pertama kali diunggah pada 5 Mei 2019 itu telah banyak direpost dengan judul serupa.
Selain menarik perhatian warganet, kejadian yang dikatakan terjadi usai shalat tarawih itu telah menimbulkan keresahan. Apalagi jika dikaitkan dengan isu kiamat yang belakangan menghantui sebagian warga Jawa Timur. Nah, sebenarnya apa yang terjadi?


Bukan di Probolinggo
Terkait video meteor melintas di langit Ponorogo, Kapolres Probolinggo, AKBP Edwwi Kurniyanto tidak membenarkan jika kejadian dalam video memang direkam di Probolinggo.
“Itu tidak benar adanya,” tulisnya dalam pesan singkat dilansir dari kompas.com (08-05-2019).
Namun demikian, berdasarkan pengakuan warga, memang benar telah terjadi pemandangan hujan meteor di langit Probolinggo. Hanya saja dalam video yang viral, banyak yang tidak yakin jika kejadian itu memang direkam di Probolinggo, melainkan wilayah yang berada di luar Indonesia.
Tak lama kemudian ramai di medsos video hujan meteor di Probolinggo. Padahal saya mengamati video tersebut, kejadian tersebut bukan di Probolinggo tapi di luar negeri. Jadi peristiwa itu memang betul, namun video yang viral di medsos yang disebut terjadi di Probolinggo itu hoaks,”ucap seorang warga dikutip kompas.com.


Pemandangan serupa di Kalimantan Tengah
Beberapa saat setelah beredarnya video meteor di langit Probolinggo, baru-baru ini Damanik, seorang warga Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, mengaku melihat pemandangan serupa seperti halnya video yang lebih dulu beredar.
“Ya saya tadi malam melihat sendiri, pas saya duduk di sekitar Istana Kuning. Ya sekitar 30 menit habis buka puasa, warnanya keunguan. Saya kira mercon,” ujarnya dilansir dari detik.com (08-05-2019).
Peristiwa yang dipastikan terjadi di Kalimantan Tengah itu pun berhasil direkam dan telah beredar di media sosial.


Dikaitkan dengan peristiwa rutin tahunan Eta Aquarids

Viral Video Meteor Jatuh di Probolinggo, Ini Fakta Sebenarnya! 2

Banyak yang menduga jika kejadian yang belakangan viral merupakan bagian dari aktifitas Eta Aquarids, yang merupakan pemandanfan hujan meteor yang terkait dengan Komet Halley dan menampakkan diri dari sekitar 19 April hingga sekitar 28 Mei setiap tahun, dengan aktivitas puncak pada atau sekitar 5 dan 6 Mei. Hal senada pun diungkapkan oleh Kepala BMKG Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Slamet Riyadi.
“Titik kemunculan meteor ini berada di dekat Bintang Eta Akuarids pada Rasi Bintang Akuarius. Fenomena ini dapat terlihat dengan baik, karena bertepatan dengan fase bulan sabit, sehingga cahaya bulan tak mengganggu,” ujar Slamet dikutip dari inews.id (08-09-2019). Namun ia menyarankan mencari informasi ke pihak Lapan yang lebih menguasai terkait fenomena langit.


Dugaan sementara pihak Lapan
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin saat dimintai keterangan menduga jika benda yang terlihat dalam video yang sebelumnya diklaim terjadi di Probolinggo bukan merupakan bagian dari aktifitas Eta Aquarids.
“Kejadian tersebut tidak terkait dengan Eta Aquarids. Hujan meteor Eta Aquarids terjadinya dini hari. Sumbernya dari debu-debu komet, sehingga meteor yang tampak hanya seperti bintang redup.”
Ia menjelaskan, dalam video yang sebelumnya telah diklarifikasi pihak kepolisian tidak benar direkam di Probolinggo, lebih mirip bolide atau bola api besar.
“Dilihat dari videonya, itu adalah bolide. Ketinggian sekitar 120 kilometer. Bolide adalah meteor besar karena masuknya batuan antariksa dan mulai terbakar pada ketinggian sekitar 120 kilometer,” ujarnya dikutip dari kompas.com (07-05-2019).