Buat blogmu dan dapatkan penghasilan sekarang juga!

FoodHealth

Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa

Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa 1

Kita kini sudah memasuki bulan Ramadhan , bagi yang menjalani ibadah puasa tentu paham akan pentingnya menyiapkan kondisi fisik yang sehat demi kelancaran saat berpuasa. Salah satunya, mengonsumsi makanan adat nutrisi.

Tidak makan selama seharian bisa melemahkan fisik, pastikan anda dan keluarga mengonsumsi makanan yang membantu mempertahankan energi, membuat suasana hati lebih baik, dan menghindari gula darah turun agar tubuh tak lemas.

Selain memilih hidangan utama yang padat nutrisi, anda juga perlu menyajikan buah-buahan segar sebagai sumber serat dan asupan gula sehat untuk tubuh, ketimbang harus menyajikan minuman manis yang memberikan risiko.

Berikut ini daftar buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur, untuk menjaga tubuh tetap kuat meski tidak makan seharian.

1. Kurma

Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa 2

Terlepas kurma yang banyak dikonsumsi saat sudah memasuki bulan Ramadan, kurma juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang memberikan energi dalam menjalani ibadah puasa.

Mengutip dari Dawn Travels, 100 gram buah kurma mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, sodium, gula, protein, kalsium, dan masih banyak lagi. Rasa manis pada kurma merupakan gula alami yang bisa membantu mengontol kadar gula darah pada tubuh.

Manfaat kesehatan lain dari kurma juga membantu menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko stroke. Kurma juga bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti gangguan pernapasan, jantung, anemia, kanker, dan alergi.

Kandungan kalsium pada kurma membuat tulang dan kekebalan tubuh jadi lebih kuat. Ini juga memberikan energi dan membantu dalam meningkatkan energi yang dibutuhkan saat berpuasa.

anda bisa menyajikan kurma dalam bentuk milkshake, atau cukup makan seperti biasa dengan segelas air.

2. Buah Beri

Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa 3

Buah beri seperti stroberi, blackberry, dan blueberrymemiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat pada tubuh terutama saat berpuasa. Mengutip dari Healthline, antioksidan ini membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Jenis peradangan kronis bisa berkontribusi pada penyakit diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Konsumsi buah beri membantu menurunkan gejala peradangan ini.

Selain itu, buah beri kaya akan kandungan serat, sehingga membuat anda kenyang lebih lama dan tak kunjung merasa lapar. Hal ini tentu menjadi manfaat terutama ketika sedang menjalani puasa di bulan Ramadan.

Tambahkan beberapa buah beri ke oatmeal atau smoothie protein untuk tambahan antioksidan dan manfaat lain yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

3. Alpukat

Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa 4

Alpukat menjadi sumber lemak nabati yang banyak dikonsumsi dalam program penurunan berat badan. Dengan segudang manfaat lain, alpukat jadi salah satu buah lain yang baik dikonsumsi saat sahur.

Alpukat kaya akan kandungan serat, sehingga membuat anda kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar saat berpuasa karena tak ada pasokan makanan selama seharian. Selain itu, ada beberapa bukti menunjukkan bahwa alpukat berkontribusi dalam penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari Healthline, orang yang makan alpukat 23% merasa lebih puas dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan selama 5 jam berikutnya, dibandingkan dengan orang yang tidak makan alpukat.

Kandungan serat yang tinggi dan rendah karbohidrat, membuat alpukat buah yang bisa dikonsumsi saat sahur.

Anda bisa mengolah alpukat menjadi jus, dimakan langsung, atau ditambahkan ke olahan makanan sahur lain yang penuh nutrisi.

4. Apel

Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa 5

Mengutip dari Organic Facts, apel mengandung jenis serat yang bertindak seperti probiotik, yang membantu meningkatkan fungsi bakteri yang hidup di usus besar. Efek prebiotik meningkatkan kesehatan dengan menyerap nutrisi secara maksimal, dan menghilangkan bakteri berbahaya.

Makan apel berguna dalam mengobati anemia karena kandungan zat besi di dalamnya. Tak hanya menjaga tubuh agar tidak mudah lemas, zat besi ini meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga menghasilkan peningkatan sirkulasi darah dan berfungsinya sistem organ tubuh.

Apel juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan mencegah bakteri dan virus menginfeksi tubuh, melalui rangsangan sekresi saliva yang mengurangi kemampuan bakteri untuk berkembang biak dan tumbuh di mulut.

Konsumsi buah apel di bulan puasa bisa mengurangi risiko dari bau mulut yang cukup mengganggu saat berbicara dengan orang lain ya.

5. Pepaya

Mulai Konsumsi 5 Buah Segar Ini Saat Sahur, Tak Cepat Lemas Saat Puasa 6

Mengonsumsi pepaya saat sahur bisa memberikan manfaat tak terduga untuk tubuh. Pepaya memiliki banyak nutrisi seperti serat, vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus, dalam sebuah studi dari Austria dikutip dari Organic Facts.

Selain itu, konsumsi pepaya berkontribusi dalam penurunan berat badan karena kandungan serat, air, vitamin, dan mineral.

Tak hanya dagingnya, biji pepaya pun memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung, berkat vitamin A, C, dan E, yang mencegah penyakit jantung, diabetes, juga stroke.

Anda bisa menyajikan pepaya dalam bentuk jus segar, atau dimakan langsung usai menyantap hidangan utama sahur.

Nah, itu dia 5 buah yang baik dikonsumsi saat sahur karena kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Jangan lupa, pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi, ya!