Buat blogmu dan dapatkan penghasilan sekarang juga!

EducationHealth

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda!

flat-lay-ramadan-composition-with-copyspace_23-2148154530

Bagi beberapa orang ada yang berfikir kita tidak mampu atau kuat untuk mengerjakannya, namun faktanya banyak yang kuat dan menyelesaikan bahkan 30 hari penuh alias selama sebulan. Puasa kan menahan lapar dan dahaga, apa sih faedahnya? Bukannya tidak makan bisa membuat orang sakit dan kelaparan.

Secara umum puasa merupakan praktik yang berabad-abad dilakukan dalam banyak budaya dan agama.

Didefinisikan sebagai pantangan dari semua atau beberapa makanan atau minuman untuk jangka waktu tertentu. Ada banyak cara puasa yang berbeda.

Puasa yang terputus-putus (intermitten) melibatkan siklus antara periode makan dan puasa, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari sekaligus.

Seperti kita tahu puasa ramadhan dijalankan sejak ufuk fajar hingga tenggelamnya matahari. Di Indonesia kita ambil rata-rata puasa ramadhan dilakukan sejak pukul 03.30 hingga 18.00, itu artinya lebih dari 14 jam.

Berpuasa terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, dari penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.

Berikut ini 8 faedah puasa untuk kesehatan yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

1. Mengendalikan kadar Gula Darah

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 1

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat mengontrol gula darah, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang memilki diabetes. (kencing manis)

Satu penelitian pada 10 orang diabetes menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah. Penelitian lain menemukan bahwa puasa intermiten sama efektifnya dengan upaya membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin.

Insulin sebenarnya adalah hormon alami dalam tubuh yang dibuat di organ pankreasHormon insulin ini berfungsi untuk mengatur penggunaan glukosa sehingga glukosa dapat diubah menjadi energi. Selain itu, hormon ini juga berperan untuk membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh.

Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin, memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel lebih efisien. Ditambah dengan efek penurun gula darah potensial puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah tubuh stabil, mencegah kenaikan tiba-tiba karena asupan makanan.

Ini bisa berbeda untuk pria dan wanita. Sebagai contoh, satu studi kecil, tiga minggu menunjukkan bahwa mempraktikkan puasa mempengaruhi kontrol gula darah pada wanita tetapi tidak memiliki efek pada pria.

2. Memerangi Peradangan dan Infeksi dalam tubuh

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 2

Peradangan akut atau dikenal sebagai proses inflamasi adalah proses kekebalan normal yang dihasilkan tubuh untuk membantu melawan infeksi, namun jika peradangan kronis terjadi bisa memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan kita.

Penelitian menunjukkan peradangan terlibat dalam perkembangan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis (rematik). Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan sehingga meningkatkan kesehatan.

Penelitian pada 50 orang dewasa yang sehat menunjukkan bahwa puasa intermiten selama satu bulan akan menurunkan proses peradangan atau inflamasi dalam tubuh secara signifikan. Studi kecil lain menemukan efek yang sama ketika orang berpuasa selama 12 jam sehari selama satu bulan.

Terlebih lagi, ada penelitian pada hewan menemukan bahwa mengikuti diet rendah ala puasa akan mengurangi tingkat peradangan yang bermanfaat dalam pengobatan multiple sclerosis, kondisi peradangan kronis.

3. Menjaga kesehatan Jantung

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 3

h

Penyakit jantung (koroner) saat ini menduduki peringkat tertinggi penyebab kematian utama di seluruh dunia sekitar 31,5%. Merubah diet (pola makan) dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Beberapa riset menemukan bahwa puasa secara rutin memiliki faedah spesial untuk kesehatan jantung kita. Salah satu riset mengungkapkan bahwa puasa alternatif selama 8 minggu akan menurunkan angka kolesterol jahat dalam darah, low density lipid (LDL) sebanyak 25% dan trigliserida (TG) 32%. LDL dan TG sampai saat ini dianggap merupakan biang keladi pemicu timbulnya penyakit jantung koroner.

Penelitian yang melibatkan 110 orang obesitas yang di suruh puasa selama 3 minggu dalam pengawasan medis juga menunjukkan penurunan tekanan darah, sebanding dengan penurunannya kadar lemak jahat dalam darah (LDL dan TG).

4. Memacu fungsi otak dan mencegah gejala penuaan

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 4

Meskipun riset ini terbatas dilakukan pada hewan, namun beberapa studi menunjukkan bahwa puasa memiliki efek luar biasa pada kesehatan otak kita. Salah satu studi dilakukan pada tikus yang puasa intermitten selama 11 bulan menunjukkan peningkatan struktur dan fungsi otaknya.

Studi lain melaporkan bahwa puasa dapat melindungi kesehatan otak dan menambah regenerasi sel syaraf untuk membantu memperbaiki fungsi kognitif otak kita. Karena puasa juga membantu memulihkan tubuh dari proses peradangan, ini juga mencegah timbulnya penuaan sistem syaraf (neurodegenerative disorders).

Ada laporan juga, hewan yang dirangsang untuk berpuasa akan terlindungi dari kondisi penyakit syaraf Alzheimer dan Parkinson. Memang studi-studi ini baru dilakukan pada hewan (coba), harus di evaluasi efeknya secara khusus pada otak manusia.

5. Menurunkan berat badan dengan pembatasan kalori dan memacu metabolisme

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 5

Beberapa orang menggunakan puasa sebagai bagian program dietnya untuk menurunkan badan secara cepat dan mudah, setidaknya meskipun hanya beberapa kilogram.

Teorinya, berpantang terhadap seluruh makanan akan mengurangi pemasukan kalori dalam tubuh, yang akan memicu penurunan berat badan sepanjang waktu itu dilakukan. Peneliti menemukan bahwa puasa jangka pendek akan memacu metabolisme dengan cara meningkatkan level neurotransmitter(semacam hormon syaraf) yang bernama nor-epinefrin yang berperan dalam penurunan berat badan.

Puasa intermitten setidaknya 3-12 minggu sangat efektif untuk mengurangi berat badan dengan cara pembatasan kalori. Tubuh akan “menyusut” 8% dan masa lemak dalam badan juga akan berkurang sekitar 16%.

Pada saat yang bersamaan dengan pembatasan kalori yang dilakukan, jaringan lemak tubuh kita akan berkurang dan jaringan otot akan terjaga.

6. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 6

Hormon pertumbuhan yang dikenal sebagai HGH (human growth hormon), adalah jenis protein dalam tubuh kita yang berperanan sangat vital untuk kesehatan tubuh kita, tidak hanya membuat tubuh kita lebih tinggi maupun memanjang.

HGH terlibat dalam pertumbuhan, metabolisme, pengaturan berat badan dan kekuatan otot.

11 studi ilmiah pada orang dewasa yang puasa 24 jam menunjukkan secara signifikan peningkatan level HGH. Beberapa studi ilmiah lain pada 9 orang pria yang berpuasa 2 hari menunjukkan peningkatan angka produksi hormon HGH, 5 kali lipat.

Puasa juga dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin sehingga stabil sepanjang hari, ini akan mengoptimalkan kadar HGH, karena penelitian menemukan bahwa peningkatan kadar insulin dapat mengurangi kadar HGH.

7. Memperpanjang usia dan mencegah penuaan dini

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 7

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan tentang potensi memperpanjang usia harapan hidup dengan cara berpuasa.

Salah satu penelitian, menggunakan tikus yang berpuasa setiap hari ternyata mereka mengalami tertunda penuaannya dan hidup 83% lebih lama dari tikus yang tidak berpuasa.

Penelitian pada hewan lain (selain tikus) juga memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa puasa efektif dalam meningkatkan usia harapan hidup

Namun, penelitian saat ini masih terbatas pada pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana puasa dapat berdampak pada umur panjang dan penuaan pada manusia.

8. Mencegah kanker dan membantu meningkatkan efektifitas kemoterapi

Berikut 8 Kehebatan Puasa, No 7 Bikin Awet Muda! 8

Penelitian pada hewan dan laboratorium menunjukkan bahwa puasa dapat bermanfaat untuk pengobatan dan pencegahan kanker.

Faktanya, satu riset pada tikus menunjukkan bahwa puasa membantu menghalangi pembentukan tumor.

Demikian pula, sebuah penelitian laborat menunjukkan bahwa memaparkan sel kanker pada beberapa siklus puasa sama efektifnya dengan kemoterapi dalam menunda pertumbuhan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi saat menghambat pembentukan kanker.

Terlepas dari temuan yang menjanjikan ini, studi tambahan pada manusia diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana puasa dapat memengaruhi perkembangan dan pengobatan kanker pada manusia.